Food

MAKING A SPRING ROLL WITHOUT RICE PAPER — A RECIPES

Cooking is one of the great gifts you can give to those you love — Ina Garten

Jadi ini berawal dari saya dan mama yang kepingin banget bikin spring roll ala Vietnam yang pakai udang dan isinya sayuran hijau seger gitu. Ditambah lagi saya lihat blog dan instagram mbak attit yang membagikan resep bikin spring roll sendiri di rumah, langsung deh jadi pingin ikutan bikin. Dalam beberapa minggu terakhir ini saya dan mama lagi giat-giatnya memperbanyak makan sayuran hijau, ide bikin spring roll ini juga karena kita pingin makan sayur dengan cara yang lebih enak.

Sayangnya menemukan rice paper di Jogja nggak semudah itu. Sudah banyak supermarket besar yang kami datangi cuma buat cari rice paper, tapi yang ada cuma kulit lumpia. Mungkin karena di Jogja nggak banyak yang cari rice paper, jadi jarang banget ada yang jual di sini (atau mungkin saya aja yang nggak tau?). Akhirnya setelah putus asa mencari rice paper dan kami makan salad potong seperti biasa, tiba-tiba keluarlah ide ini, ngebungkus sayurnya pakai kubis. Terinspirasi dari kubis gulung di tukang siomay, terpikirlah buat menjadikan kubis sebagai kulitnya lalu tinggal isi sayuran macam spring roll biasa.

Jadi ini adalah pengalaman kami membuat sendiri spring roll tanpa rice paper. Mungkin kalau satu hari akhirnya bisa mendapatkan rice paper, saya akan bikin lagi mungkin lengkap dengan cocolannya.

Bahan

1 buah kubis kecil (kalau di supermarket ada kubis ukuran kecil begitu dan daunnya lebih lunak)

1 bungkus jamur enoki

1 gram daging giling atau kira-kira secukupnya (karena masih percobaan kami nggak pakai udang karena mahal dan takut sayang kalau gagal)

Beberapa batang lokio

Garam dan merica

Cara membuat

Pertama, kubisnya jelas diambil perlembar daunnya. Jangan sampai sobek kalau bisa, tapi karena daun kubis itu rapuh jadi mungkin akan ada beberapa yang sobek juga. Lalu kubisnya direbus, nggak usah terlalu lama karena nanti juga dikukus lagi, jadi cukup sampai lunak.

Kedua, tunggu sampai kubisnya agak dingin baru lembar-lembarkan di atas piring dan diisi dengan daging. Sebelumnya, daging giling ini saya dan mama campur sama garam dan merica dulu biar ada rasanya sedikit. Lokio dan jamur juga tinggal dimasukin secukupnya dan gulung. Mungkin harus digulung agak sedikit rapat biar dagingnya nggak gampang bubar.

Terakhir masukan kukusan. Kukus sebentar, nggak usah terlalu lama sampai kira-kira dagingnya matang. Karena daging giling jadi matangnya juga cepet sih.

Waktu itu nggak kepikiran buat bikin saus cocolannya, jadi kami makan gitu aja tanpa cocolan apa-apa. Dan, so far, rasanya nggak mengecewakan. Enak dan seger karena pakai kubis, berasa makan kubis di siomay. Karena saya masih suka makan pakai protein hewani, jadi tetep harus ada daging atau mungkin udang kalau mau bikin lagi. Presentasi mungkin nggak secantik kalau pakai paper rice yang bening itu, tapi buat saya nggak masalah juga sih. Lain kali rencana bikin dengan sayuran yang lebih bervariasi.

Waktu itu sempat debat sama mama karena bayangan pertama saya ya kubis ini jadi semacam pengganti rice paper, habis direbus, diisi sayuran dan isian lainnya, digulung, terus dimakan. Tapi ternyata pikiran mama habis kubisnya direbus, diisi sayuran terus dikukus lagi macam kubis di tukang siomay. Jadi akhirnya kesepakatan, kami coba dengan cara mama dan rasanya tetep enak buat makan siang hari itu.


Source link
Tags
Back to top button
close
Thanks !

Thanks for sharing this, you are awesome !

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!